Contoh Sugesti Cara Meningkatkan Percaya Diri

Beberapa hari terakhir banyak sekali orang yang menghubungi kami via whatsapp, dan kebetulan apa yang mereka keluhkan hampir sama, yang pada pokok permasalahannya ialah berkaitan dengan rasa kurang percaya diri. Ada seorang mahasiswa yang merasa dirinya menjadi bahan bullyan di kampus, tidak memiliki power untuk melawannya. Ada seorang karyawan yang berdomisili di Bojonegoro, ia menanyakan apakah Hipnoterapi dapat membuat seseorang menjadi mudah bergaul, dan menjadi teman ngobrol yang enak (karena dia merasa tidak bisa ngobrol, seakan sulit untuk merangkai sebuah kalimat), serta masih banyak lagi keluhan yang lainnya.

Untuk menjawab permasalahan tersebut ada beberapa solusi umum yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Apa saja cara meningkatkan percaya diri yang bisa Anda terapkan, berikut ini ulasannya ; ada beberapa penyebab seseorang mengalami minder, contohnya ialah memiliki kenangan buruk di masa lalu, sering mendapatkan cemoohan, tidak diberi kesempatan untuk tampil didepan umum karena dianggap tidak mampu, jarang bergaul dengan dunia luar, kurang memiliki wawasan, dll.

Namun sebelum saya menuliskan contoh sugesti untuk meningkatkan rasa percaya diri, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Yang pertama adalah amati ke dalam diri Anda, hal apa yang membuat Anda merasa minder? Kemudian gali semua kelebihan yang Anda miliki, seseorang yang mengalami minder akan merasa sulit untuk menemukan kelebihan dirinya, karena pikiran sudah terbiasa melihat kekurangan dirinya. Namun Anda harus membongkar pikiran lama Anda. Temukan kelebihan yang Anda miliki, temukan sebanyak-banyaknya, tuliskan pada selembar kertas. Ketika Anda berbicara dengan orang lain atau presentasi didepan orang banyak perhatikan gesture Anda, dada tegap dan pandangan lurus ke depan. Perhatikan nafas Anda, atur sedemikian rupa agar Anda tetap tenang.

Contoh sugesti meningkatkan percaya diri . Anda bisa membuat sebuah rekaman pada handphone Anda, yang isinya sebagai berikut ;

Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan secara secara perlahan melalui mulut. Lakukannya hingga minimal 5x. Anda boleh mulai memejamkan mata Anda sembari menikmati hembusan nafas yang keluar dari mulut Anda serta hirupan nafas melalui hidung Anda.

Tarikan nafas dan hembusan nafas tersebut membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi relaks, tenang, damai dan bahagia. Sekarang Anda bayangkan didepan mata Anda ada sebuah cahaya, Anda bebas memilih warna cahaya tersebut. Semakin fokus Anda melihat cahaya itu, cahaya itu nampak semakin dekat dan semakin membesar. Hingga akhirnya cahaya yang indah itu masuk ke dalam diri Anda, masuk melalui ubun-ubun Anda, sehingga ubun-ubun Anda menjadi semakin relaks, tenang dan damai. Lihat, dengar dan rasakan cahaya yang mengalir pada ubun-ubun Anda, membuat Anda semakin relaks, tenang, dan damai.

Kemudian cahaya yang indah itu akan mulai menjalar satu per satu bagian tubuh Anda, dan cahaya yang indah itu membuat setiap bagian tubuh Anda merasakan ketenangan, relaks, damai dan ringan tanpa beban. Dari ubun-ubun terus menjalar ke kelopak mata Anda, kemudian menjalar ke pipi Anda, menjalar ke telinga Anda, terus menjalar ke bibir dan mulut Anda, terus menjalar ke pundak Anda, kemudian menjalar ke dada dan perut Anda, dari perut kemudian menjalar ke paha dan kaki Anda hingga ke ujung jari-jari kaki Anda. Kini cahaya tersebut telah menjalar ke seluruh tubuh Anda, membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi sangat relaks, 1000x lebih relaks dari sebelumnya.

Kini Anda bayangkan, Anda berada dalam suatu tempat yang Anda sukai, tempat yang membuat Anda merasakan tenang, damai dan bahagia. Anda bebas memilih tempat yang indah itu. Nikmati suasana yang menyenangkan ini. Suasana ini membuat tubuh dan pikiran Anda semakin relaks, 2000x lebih relaks dari sebelumnya.

Sekarang saya akan mengajak Anda untuk melewat sebuah anak tangga dengan berjalan turun, saya akan menghitung dari 5 -1. Ketika mencapai hitungan 1, maka Anda tengah berada didasar ketenangan dan relaks yang begitu dalam.

Saya akan memulai menghitung, 5, Anda mulai menuruni anak tangga tersebut, Anda 3000x lebih relaks dari sebelumnya. 4, Anda terus menuruni anak tangga tersebut, Anda 4000x lebih relaks dari sebelumnya, 3, Anda terus menuruni anak tangga tersebut, dan membuat Anda 5000x lebih relaks dari sebelumnya, lebih tenang, lebih bahagia, 2, Anda terus menuruni anak tangga tersebut, membuat Anda 6000x lebih relaks dari sebelumnya, 1, Anda telah mencapai tangga paling dasar dan membuat Anda 10.000x lebih relaks, lebih tenang dan lebih damai dari sebelumnya. Anda sangat menikmati kondisi yang sangat tenang ini.

(Ini contoh kalimat sugesti yang Anda sisipkan dalam rekaman tersebut). Saya mencintai diri saya sendiri. Saya menerima kondisi saya seperti ini adanya. Segala kelebihan dan kekurangan menjadikan pribadi saya semakin kuat, tangguh dan percaya diri. Saya menyadari setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal tersebut bukan untuk membuatku terpuruk melainkan menjadikan hidupku semakin berwarna. Saya bersyukur kepada Allah SWT atas segala kelebihan yang dianugerahkan kepadaku.

Ketika ada seseorang yang mencoba menjatuhkanku, maka hal itu akan membuatku semakin kuat, tangguh dan percaya diri. Saya lebih berani berbicara didepan umum, saya lebih mudah dalam bergaul, saya lebih berani dalam berpendapat.

Sebelum Anda mulai mendengarkan rekaman tersebut, ambilah posisi yang paling nyaman, boleh sambil berbaring atau duduk, senyamannya. Silent dulu notif dalam handphone Anda, agar tidak mengganggu jalannya relaksasi. Anda boleh menambahkan kata-kata sugesti yang lainnya yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *